Notice: Undefined index: lang in /var/www/html/winproperties.co.id/index.php on line 19
Win Properties
1 April 2016
Hal-hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Rumah

Punya rumah di usia muda sepertinya jadi cita-cita kalangan urban kini. Bisa dikatakan, punya rumah di Jakarta adalah pencapaian terbesar mengingat harga tanah dan bangunan yang makin mahal. CEO WIN Properties Amrit Lakhiani mengatakan bahwa ada hal-hal harus kamu perhatikan, mulai dari kedekatan hunian dengan tempat kerja, berapa orang yang nantinya tinggal di dalamnya, dan potensi lokasi ke depannya. Bisa saja kamu membeli rumah sekarang di lokasi yang belum berkembang, tapi dalam sepuluh tahun ke depan semua fasilitas yang kamu butuhkan sudah ada. Selain itu, dia juga memberikan tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah tempat bernaung nanti.

Miliki Kartu Kredit dari 2 Bank atau Lebih

Hubungan antara kepemilikan kartu kredit dan cicilan rumah ternyata sangat erat. Amrit menyarankan kepemilikan dan penggunaan lebih dari dua kartu kredit saat kamu masih muda. Pakai kartu kredit untuk beberapa keperluan dan pastikan pembayarannya selalu tepat waktu. Kalau punya kartu kredit lebih dari 2 bank, pihak bank bisa melihat jejak pembayaran cicilan kamu dan bisa lebih mudah mengeluarkan izin cicilan rumah. Ini hal yang bisa kamu pertimbangkan di usia 21-24 karena di usia itu, orang-orang lebih produktif menghasilkan uang dan menggunakan kartu kredit. Syaratnya: bayar tagihan tepat waktu!

Pertimbangkan Developer dan Cicilan

Setelah bisa mendapatkan kredit dari bank, langkah berikutnya adalah mempertimbangkan developer dan jenis cicilan yang bisa digunakan. Pastikan developer bisa dipercaya dan tak akan menipu, cari jejak rekamnya dari internet atau bertanya langsung ke kantor pemasaran. Ajang pameran properti di expo atau pusat perbelanjaan berguna untuk menilai model dan lokas rumah impian, tapi kalau kamu mau tahu detail mengenai developer, jangan ragu tanya langsung ke kantornya!

Nah, untuk cicilan, pilih developer yang menyediakan DP cicilan. Amrit menjelaskan, jika misalnya rumah seharga 600 juta dan harus membayar 120 juta untuk DP akan terasa berat. Ada developer yang menyediakan fasilitas cicilan DP 20 persen yang bisa dibayarkan selama 12 bulan. Setelah itu, pembayaran bisa dilakukan melalui KPR.

Siasati Interior

Yay! Akhirnya kamu bisa membeli rumah! Tapi sayangnya, rumah yang terbeli ukurannya terbatas. Hal ini bisa disiasati dengan menata interior agar rumah tetap nyaman. Ada jenis-jenis furnitur yang bisa dilipat atau multifungsi, jadi rumah kecil pun tetap terasa lega.

Selain hal di atas, ada juga hal-hal lain yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli rumah. Misalnya, rumah atau apartemen? Pertanyaan ini biasanya muncul bagi kamu yang lajang atau baru menikah. Amrit berpendapat, untuk menyelesaikan hal tersebut, pertimbangkan lokasi tempat kerja dan rumah. Jika dirasa apartemen bisa lebih dekat ke tempat kerja, belilah satu unit apartemen. Nah, kalau akhirnya membutuhkan udara dan lingkungan yang lebih bagus, beliah rumah dan apartemen yang sudah terbeli itu bisa disewakan.

Intinya, Amrit sangat menyarankan untuk tidak mengontrak rumah. Mengontrak rumah selama tiga tahun artinya kamu membuang uang yang seharusnya bisa digunakan sebagai cicilan rumah. Selama kamu mampu membayar DP dan akhirnya punya rumah, semua usaha yang dilakukan bisa terbayar!(*tys)

Credit by: jakartavenue