Notice: Undefined index: lang in /var/www/html/winproperties.co.id/index.php on line 19
Win Properties
26 November 2014
Bisnis Properti Jakarta Lebih Menguntungkan Daripada London
Jakarta | POL CEO PT Jaya Properti Indonesia, Amrit Lakhiani, mengatakan, potensi pembangunan dan penjualan properti di Jakarta jauh lebih besar daripada London, Inggris. Pasalnya, Harga jual properti di Jakarta masih sangat rendah, sementara peluang pertumbuhannya tinggi, bisa mencapai hingga 20 persen meskipun dalam kondisi pasar sedang melemah.

Terlebih, untuk kawasan-kawasan favorit pertumbuhannya bisa menembus angka 50 persen sampai 100 persen. Sebaliknya di London, harga properti sudah demikian tinggi sehingga peluang pertumbuhan harga pun tipis.

Namun, Amrit menyayangkan masih banyaknya zona "abu-abu" yang kerap menghambat pengembang membangun properti di Jakarta, khususnya. Ia pun mencontohkan pengajuan izin membangun Win del Rio. Diharapkan selesai hanya dalam empat bulan, izin proyek itu justru molor hingga 13 bulan. "Selain itu, di London, kita belajar membangun dengan cara lebih efisien dan efektif. Satu desk pekerjaan bisa dilakukan oleh hanya empat orang. Bandingkan dengan Jakarta, untuk mengerjakan satu desk saja butuh 10 hingga 15 orang," tuturnya, seperti dikutip kompas.com, (Rabu, 26/11/2014).

Kesimpulan Amrit, jika perizinan lebih tertib dan bangunan lebih berkualitas, pasar properti Indonesia akan tumbuh lebih pesat lagi. Bahkan, Indonesia bisa menjadi destinasi utama investasi global.

"Itu yang harus diperbaiki. Selebihnya, Indonesia punya potensi lebih besar ketimbang London, atau Mumbai di India. Jumlah pengembang Indonesia masih sedikit, sementara kebutuhan tinggi. Terlebih kebutuhan yang berasal dari kelas menengah dengan daya beli tinggi yang belum terpenuhi," tukas Amrit.